TIPS DAN CARA TERNAK JANGKRIK BAGI PEMULA LENGKAP

TIPS DAN CARA TERNAK JANGKRIK BAGI PEMULA LENGKAP

TIPS DAN CARA TERNAK JANGKRIK BAGI PEMULA LENGKAP

Haii,, bertemu lagi dengan penulis artikel yang masih dalam tahap pembelajaran, kali ini saya ingin mengulas hewan ternak dimana salah satunya adalah jenis hewaan JANGKRIK, yang kini sangat diperlukan bagi para peternak burung, sehingga orang-orang banyak yang membudidayakan hewan jangkrik. Penjualan jangkrik yang kini cukup fantastis harganya dipasaran membuat para peternak beralih memilih untuk membudidayakan jangkrik, keuntungan yang dihasilkan cukup memuaskan. Hal ini membuat saya tertarik untuk membahas artikel tentang budidaya jangkrik. Sebelum masuk ke inti permasalahan disini saya ingin membahas dulu apasih hewan jangkrik itu? Agar kita tau bagaimana mereka bisa berperan penting dalam kehidupan hewan lain.


Pengenalan tentang jangkrik

jangkrik  merupakan jenis serangga yang hampir mirip dengan belalang. Ciri fisik jangkrik pada umumnya memiliki bentuk tubuh rata dan mempunyai sepasang antena yang cukup panjang diatas kepalanya, fungsinya untuk alat pengindera, dan sebagai alat peraba untuk lebih mengenali area disekitarnya. Jangkrik adalah pemakan tumbuhan atau omnivora, mereka dapat memakan apa saja termasuk jenis jangkrik lainnya ketika kekurangan makanan untuk mempertahankan hidupnya, bahkan memakan organ tubuhnya sendiri. Jangkrik merupakan serangga liar, bahkan jangkrik kadang di sebut sebagai hama tanaman, jangkrik biasanya di temukan di daerah area pesawahan atau tanah lapang.
Dalam budidaya jangkrik tidak memerlukan tenaga dan biaya yang besar, seringkali orang berfikir untuk pembudidayaan memerlukan biaya besar namun pembudidayaan jangkrik kita tinggal membeli saja telur jangkrik dengan harga yang ringan, biasanya  jenis jangkrik  yang sering di gunakan untuk budidaya yaitu jangkrik alam atau seliring dan jangkrik kalung atau sungu.
Jangkrik merupakan hewan meta morfosis tidak sempurna, awal metamorfosis jangkrik yaitu dengan bertelur terlebih dahulu, lalu setelah itu menetas dan menjadi nimfa atau jangkrik muda, kemudian menjadi jangkrik dewasa atau imago.
Dibawah ini merupakan klarifikasi jangkrik :

Kingdom         : Animalia
Phylum            : Arthropoda
Klas                 : Insecta
Ordo                : Orthoptera
Sub Ordo         : Ensifera
Famili              : Gryllidae
Sub Famili       : Gryllinae
Genus              : Gryllids

Cara budidaya jangkrik

Telah dijelaskan sebelumnya bahwa untuk pembudidayaan jangkrik sangatlah mudah, dengan biaya yang murah dan tidak memerlukan waktu yang lama, hanya saja kemungkinan berhasil tidaknya tergantung keuletan para peternak jangkrik sendri. Keberhasilan dalam penetasan dan pembesaran jangkrik juga sama-sama 90%, asalkan anda merawat jangkrik dengan sungguh-sungguh,  jangan sampai kita terlambat memberi pakan kepada jangkrik karena dikhawatirkan jangkrik tidak akan berkembang. Adapun beberapa Pesyaratan lokasi untuk budiday  jangkrik yaitu :
  1. Tempat budidaya jangkrik  harus  teduh dan mendapat sirkulasi udara yang baik.
  2. Tempat budidaya jangkrik  diusahakan jauh dari sumber kebisingan
  3. Kandang jangkrik diusahakan Tidak terkena sinar matahari secara langsung atau berlebihan.
  4. Bebas dari gangguan predator
  5. Jauh dari kandang ayam
  6. Lebih intensif
  7. Pemberian pakan biasanya sehari 2x , pagi dan sore
  8. Untuk wadah jangkrik nya sendri harus tinggi dan lebar
  9. Membutuhkan kertas telur
ternak jangkrik merupakan suatu komoditi dan jenis usaha yang cukup menjanjikan bagi para pencitinta jangkrik dan burung, Usaha ternak jangkrik adalah sebuah peluang usaha yang sempat booming beberapa tahun lalu dan kemudian redup lagi, tetapi bukan tidak mungkin untuk kita menjadi seorang peternak jangkrik yang berhasil, bagi anda yang ingin mencoba usaha ternak jangkrik bisa memanfaatkan peluang usaha, untuk Memulai usaha ternak jangkrik, alangkah baiknya bila jangkrik indukan nya berasal dari spesies yang sama. sebagai alternatif pengganti anda bisa membuat indukan tentu dengan perawatan yang lebih intensif.

            Tahap-tahap budidaya jangkrik

·         Langkah awal agar bisa melakukan budidaya pada jangkrik tentu adalah membuatkan kandang untuk jangkrik. Untuk membuat kandang jangkrik cukup mudah, Anda bisa menggunakan bahan dari kardus, triplek atau papan kayu.
·         Hal pertama yang harus diperhatikan dalam beternak jangkrik adalah kondisi kelembapan kandang serta jauhkan dari binatang pengganggu.
·         Untuk  kondisi kandang harus terus dipantau agar tidak didekati hewan pemangsa. Selain itu harus menjaga ketersediaan makanan, karena jangkrik bisa menjadi kanibal dan memakan jangkrik lain bila tidak tersedia makanan yang mencukupi.
·          Biasanya jangkrik yang dibudidayakan berasal dari spesies yang sama. Karena bila induk jantan dan betina berasal dari spesies yang berbeda tidak akan terjadi perkawinan.
·         sediakan makanan yang cukup untuk jangkrik. Contoh pakan seperti sayuran bayam, kangkung, daun pepaya, sawi dan bisa juga dengan pakan ayam / popan/ voor


·         Masa penetasan telur jangkrik dari awal sampai menetas memerlukan waktu sekitar 7-10 hari. setelah induk betina bertelur, pisahkan telur jangkrik dan induknya. Hal ini untuk menjaga agar induk tidak memakan telurnya sendiri. Ciri-ciri telur yang telah dibuahi akan berubah warna dari bening menjadi lebih keruh. Setelah 4-6 hari akan menetas menjadi jangkrik kecil.
·         Untuk anak jangkrik yang berumur 1-10 hari diberikan pakan ayam (voor), Setelah lewat 10 hari, anak jangkrik sudah bisa diberi pakan sayuran serta jagung muda.
·         Ada beberapa pilihan untuk memanen jangkrik, yaitu memanen telur jangkrik dan memanen jangkrik yang telah dewasa. Untuk telur jangkrik dijual dengan harga mahal dibandingkan dengan harga jangkrik dewasa. Untuk memanen jangkrik dewasa biasanya jangkrik yang berumur 40 hari.

Nah itulah teman-teman artikel yang saya tulis hari ini, semoga bermanfaat dan bisa memberikan inspirasi buat kalian semua para pembaca. Apalagi yang memiliki hobi berternak bisa juga dikembangkan bakatnya dengan memulai berternak jangkrik.semua hal-hal yang dibahas merupakan kutipan dari artikel teman-teman penulis laiinnya.adapun kendala saat penulisan adalah penyusunan kata-kata dan penyusunan kalimat. Semoga kedepannya bisa menulis dengan baik. Terimakasih ....

Posting Komentar

0 Komentar