5 DOSA TERBESAR YANG MENYEMPITKAN REZEKI APAKAH DOSA BESAR ????



Namanya Juga Manusia, Tempatnya Salah Dan Lupa Dan Khilaf Dan Bahkan Kalap. Oleh Sebab Itu Setiap Kali Melakukan Perbuatan Buruk, Segera Iringi Dengan Perbuatan Baik Agar Setidak-Tidaknya Kebaikan Tersebut Bisa Menghapus Yang Buruk.
Abdullah Bin Abbas Ra. Berkata, “Sesungguhnya Amal Kebajikan Memiliki Cahaya Di Dalam Dada, Keceriaan Pada Muka, Kekuatan Di Badan, Keluasan Dalam Rezeki, Dan Kecintaan Di Hati Para Makhluk, Sedang Perbuatan Dosa Memiliki Kegelapan Di Dalam Hati, Keburukan Di Muka, Kelemahan Di Tubuh, Kekurangan Dalam Rezeki, Dan Kebencian Di Hati Para Makhluk.” (Risalatul Mustarsyidin, Al-Muhasibi: 218)
Semoga Allah Mudahkan Kita Untuk Menjauhi Dosa-Dosa, Dan Melancarkan Rezeki Pemberian-Nya. (Sh)


5 DOSA TERBESAR YANG MENYEMPITKAN REZEKI APAKAH DOSA BESAR ????

Berikut ini kami coba mengingatkan kembali beberapa dosa yang bisa menghalangi datangnya rezeki.

1.      Iri pada kebahagian orang lain

Kadang kita suka merasa iri melihat orang lain mendapatkan kebahagiaan. Contohnya saja kita iri sama tetangga yang baru beli motor baru. Karena kita belum mampu membeli motor baru, akhirnya timbul perasaan iri sama tetangga. Perasaan iri dan tidak senang dengan kebahagiaan orang lain dapat menghambat rezeki kita.

2.      Pelit

Sifat pelit atau kikir sangat dibenci oleh Allah. Sebab mereka akan menolak perintah Allah untuk mengeluarkan sebagian rezeki yang sudah mereka dapatkan. Oleh karena itu, Allah akan memberikan peringatan kepada orang pelit dengan menutup jalan rezeki dan berkahnya. Meskipun orang pelit itu kaya raya, tapi hatinya fakir sekali karena Allah sudah mencabut semua berkahnya.

3.      Durhaka pada orang tua

Ridha Allah ada di tangan ibu dan bapak kita. Jika kita sering menyakiti dan menyusahkan orang tua, lihat saja nanti bagaimana nasib kita. Rezeki akan seret, hidup tidak tenang dan masalah datang bertubi-tubi. Jika tidak ingin mengalami hal seperti itu, hormatilah orang tua dan bahagiakan mereka dengan jadi pribadi yang baik akhlaknya.



4.      Suka ngomonging kejelekan orang lain

Orang yang hobinya menjelekan seseorang di depan orang banyak termasuk perbuatan dosa besar. Walau terlihat sepele, membukakan aib orang lain termasuk perbuatan yang sangat dibenci oleh Allah. Meskipun orang tersebut rajin beribadah tapi masih gemar ngegosip, maka semua amal ibadahnya tidak akan diterima. Selain itu, Allah juga akan menutup pintu rezekinya.
5.      Tidak pernah beryukur dan selalu mengeluh
Kebanyakan dari kita selau mengeluh ketika dihadapi permasalahan ekonomi dan lupa bersyukur ketika sedang diberi rezeki banyak. Orang yang jarang bersyukur, rezekinya akan dicabut kembali untuk mengajarinya tentang betapa pentingnya mensyukuri nikmat hidup ini


6.      Meninggalkan shalat

Bagaimana mungkin orang yang tidak mau memenuhi panggilan Allah akan dimudahkan rezekinya? Jika dia menunda shalat maka akan ditunda pula rezekinya.

Shalat adalah tempat meminta dan sebaik-baik penolong. Meninggalkan shalat berarti secara sengaja menutup pintu rezeki.

7.      . Zina

Mengapa zina bisa menghambat rezeki? Zina salah satu dari dosa-dosa besar. Hukumannya berat. Misal saja, ada seseorang yang ketahuan melakukan zina, lalu lihat bagaimana reaksi orang-orang di selelilingnya?

Apakah ada yang mau menerima pekerja yang suka berzina? Bahkan mungkin dia akan diusir dari kediamannya.
8.      Ghibah
Mengapa ghibah masuk ke dalam penghambat rezeki? Tidak diragukan lagi bahwa ghibah adalah dosa besar. Salah satu dari efek negatif ghibah ialah rusaknya citra seseorang.

Misal saja, Ada seseorang yang berkata ini dan itu tentang atasannya di tempat kerja (menggunjing di belakangnya). Oleh pekerja lain, perbuatan ini dilaporkan kepada orang yang bersangkutan. Alhasil, si penggunjing diberhentikan. Bukankah itu sudah banyak terjadi dan terbukti?

Secara tak langsung, orang yang diberhentikan tadi terputus jalur rezekinya?
9.      Memutuskan silaturrahim
Jangan sekali-kali memutuskan tali silaturrahim karena bisa memutuskan tali rezeki. Mengapa demikian? Bagaimana tidak? Menyambung silaturrahim sama saja membuka keran rezeki.

Misal si A sedang perlu pekerjaan, kemudian bersilaturrahim kepada si B yang kebetulan memiliki restoran. Dari sana bukanlah hal mustahil kalau si B akan memberi si A pekerjan. Inilah manfaat dari silaturrahim.

Cobalah saja memutuskan silaturrahim dengan orang lain. Bisa dipastikan kita akan kesulitan dalam perkara rezeki. Karena secara tak langsung telah menutup pintu-pintunya.


Jika ujian, maka solusinya hanya sabar. Namun jika pernah melakukan salah satu dari dosa penghalang rezeki tersebut, langkah pertama adalah bertaubat. Taubat nasuha. Taubat sungguh-sungguh terlebih dahulu, menyesal dan tidak akan mengulanginya. Setelah itu baru sabar. Insya Allah dengan demikian rezeki kembali lancar

Posting Komentar

0 Komentar